Selasa, 06 Mei 2008

Dana Bencana Alam Aceh Femina Group




Setelah penyerahan pembangunan SDN Peurade di Kecamatan Panteraja, Kabupaten Pidie, NAD, pada bulan October 2005, Dana Bencana Alam Pembaca Femina Group kembali melanjutkan penyaluran bantuannya ke Kabupaten Aceh Besar. Kali ini yang dibangun adalah SDN Blang Mee yang berlokasi di Desa Lamkuta Blang Mee, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, NAD.

SDN Blang Mee yang terletak di tepi jalan raya Banda Aceh - Meulaboh di pesisir barat Sumatera ini, sebelum tsunami punya murid lebih dari 200 orang dan merupakan SDN Inti di kawasan itu. Ketika gempa dan tsunami tanggal 26 Desember 2004 menyapu wilayah ini, yang tinggal hanyalah lantai bangunan, itupun nyaris terbongkar diterjang air.

Warga Lhoong yang selamat mungkin tak lebih dari 25 persen, begitu pula murid-murid sekolahnya. Namun, setelah situasi reda sisa-sisa penduduk yang selamat tersebut langsung bangkit membenahi desa mereka. Bahkan, warga yang semula hidup di perantauan, ramai-ramai pulang ke kampung dan bersama-sama bertekad membangun kampung mereka kembali. Tidak heran, kalau dalam tempo singkat, di desa yang tadinya rata dengan tanah -bahkan kawasan pantainya hilang ditelan laut sampai 500 meter- itu, telah terlihat berdiri rumah-rumah baru penduduk, siap menggantikan tenda-tenda darurat yang tentu saja tak memenuhi syarat sebagai tempat tinggal.
"Kini kehidupan di kawasan ini sudah berangsur-angsur pulih," ujar Kepala Mukim Blang Mee, Abbas Ali. "Anak-anak pun sudah mulai sekolah lagi, Cuma karena gedung sekolahnya tidak ada, mereka terpaksa harus sekolah di desa tetangga yang terletak di atas bukit. Jaraknya sekitar 2 kilometer dari desa kami ini."

Berdasarkan kenyataan itulah, Dana Bencana Alam Pembaca Femina Group memilih untuk membangun kembali gedung SDN Blang Mee. Dana yang dialokasikan untuk pembangunan ini sekitar Rp 817 juta, sementara untuk perlengkapannya sekitar Rp 50 juta. Total dana yang dialokasikan sekitar Rp 867 juta.
Menurut rencana, gedung SDN yang terdiri dari 6 unit ruang belajar, 1 unit ruang kantor guru dan kepala sekolah, 1 unit aula, dan 2 unit rumah guru ini akan selesai pada pertengahan Juli 2006. Dengan demikian, pada tahun ajaran baru nanti, murid-murid SDN Blang Mee yang sekarang masih harus menumpang di sekolah lain, bisa kembali menempati gedung baru mereka.

Comments :

0 komentar to “Dana Bencana Alam Aceh Femina Group”

 

Copyright © 2009 by Pos Komando Pengendali