Jumat, 27 Juni 2008

Pesawat Cassa TNI AU Jatuh di Gunung Salak


Pesawat angkut ringan milik TNI Angkatan Udara yang dinyatakan hilang dari radar pengawas di Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaya (ATS) diduga jatuh di kawasan wisata Curug Nangka, di kaki Gunung Salak, Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Tim SAR Nasional dari Jakarta yang dibantu aparat terkait dan masyarakat setempat menyisir kawasan berlereng di kaki Gunung Salak, sejak pukul 18.00 untuk menemukan titik jatuhnya pesawat nahas atau delapan jam setelah pesawat dari Skuadron 4 Lanud Abdurahman Saleh itu tinggal landas dari Lanud Halim Perdana Kusuma.

Namun, satu setengah jam setelah tinggal landas pesawat tersebut tidak bisa dihubungi oleh menara pengawas. Petugas Bumi Perkemahan Curug Nangka, Tamansari Bogor, Jabot mengatakan, warga sekitar mendengar suara ledakan cukup keras di atas kawasan hutan, sekitar pukul 11.30, tapi tidak mengetahui benda apa yang meledak.

Baru sekitar pukul 17.00, kata dia, sejumlah orang berdatangan ke kawasan wisata Curug Nangka, baik tentara, polisi, maupun masyarakat sipil. "Informasi yang saya dengar, ada pesawat jatuh, tapi lokasi persisnya sedang dicari," katanya.

Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI AU Marsekal Pertama TNI Chaeruddin Ray mengatakan, pesawat dengan nomor registrasi A2106 itu diperkirakan jatuh di sekitar kaki Gunung Salak. Hal itu berdasar laporan yang diterima dari penduduk sekitar yang melihat pesawat sempat berputar-putar di wilayah itu. "Hingga kini (Kamis sekitar pukul 20.00 WIB) dua tim Pasukan Khas (Paskhas) dari Lanud ATS Bogor masih melakukan pencarian di sekitar kaki Gunung Salak," katanya.

Pesawat Cassa NC212M-200 yang masuk Skuadron 4 Kalijati Subang merupakan salah satu armada yang dilibatkan dalam Latihan Gabungan TNI 2008 (berakhir 19 Juni 2008) untuk melakukan pemotretan dan perekaman video udara lokasi rencana pendaratan amfibi, serangan udara dan penerjunan pasukan. Pesawat tersebut terbang dalam rangka menguji peralatan pemotretan udara.

Kepala Polisi Wilayah (Kapolwil) Bogor Kombes Pol Andhayono mengaku belum dapat menentukan lokasi jatuhnya pesawat nahas tersebut. "Memang ada kabar seperti itu. Saat ini kami sedang melakukan pencarian," ujar Andhayono. Sedangkan Kendali Bantuan Operasi (KBO) Unit Reskrim Polres Bogor Iptu Gayo Lumbuan memperkirakan pesawat jatuh di sekitar Curug Nangka, Gunung Salak, Bogor yang berbatasan dengan Sukabumi. c 63/ant

Comments :

0 komentar to “Pesawat Cassa TNI AU Jatuh di Gunung Salak”

 

Copyright © 2009 by Pos Komando Pengendali