Selasa, 22 Juni 2010

Cipakancilan Dikuras

Jurnal Bogor, 22 June 2010
Rubrik: Halaman Depan
Pencarian Sei Berakhir Hari Ini

Bogor - Sudah 13 hari tim SAR melakukan pencariaan jenazah Kim Young Sei (14), sejak pelajar asal Korea itu hanyut di Sungai Cikahuripan, Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Selasa (8/6) lalu. Sebagai usaha terakhir, tim SAR rencananya akan melakukan penyisiran menyeluruh, lalu akan menguras anak Sungai Cisadane, Sungai Cipakancilan.Kooditor Tim Penyelamatan dan Pencarian, Anas Ridwan mengatakan, menguras Sungai Cipakacilan didasari analisis tim. “Kami menganalisis pasca ditemukan jenazah yang diduga Kim di kawasan Empang, 60 persen aliran sungai Cisadane masuk ke Sungai Cipakancila. Jadi kami berinisiatif untuk menguras air sungai untuk memastikan keberadaan jenazah,” kata Anas.
Pengurasan diawali dengan menutup pintu air Cipakancilan di kawasan Empang, Kota Bogor. Ditutupnya pintu air Cipakancilan tersebut akan berlangsung selama delapan jam, plus empat jam proses pencarian dan penyisiran.
Anas mengatakan, untuk menguras Sungai Cipakancilan telah meminta izin Dinas Irigasi dan Pengairan Jawa Barat, sebab sungai tersebut terhubungan dengan saluran irigasi untuk area persawahan di kawasan Dramaga, sehingga perlu ada antisipasi sebelumnya.
Menurut Anas, pencarian tersebut merupakan puncak pencarian terhadap jenazah siswi British Internsional School (BIS) itu. Melihat kondisi aliran sungai, diprediksikan kondisi jenzah sudah tidak utuh.
“Kita akan melakukan penyisiran secara menyeluruh dari lokasi jatuhnya korban hingga pintu air Serpong, dengan menurunkan kekuatan seperti awal pencarian, yakni 800 orang,” katanya.
Lantas berapa jarak tempuh pencarian? Tak kurang dari120 kilo meter akan disisir, dari lokasi awal jatuh hingga pintu air Serpong Tanggerang. Ia berharap pencarian Kim dapat membuahkan hasil.
“Kita meminta tim yang awal ikut mencari untuk turun kembali. Pencarian akan dilakukan dengan jalur darat, air dan penyelama juga akan melibatkan anjing pelacak,” tambah Anas.
Sekedar mengingatkan, Sei ditelan arus saat melakukan outbound bersama rekan-rekan sekolahnya di Pancawati Outdoor Trainning (POT) di Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

= Julvahmi | Ant

Comments :

0 komentar to “Cipakancilan Dikuras”

 

Copyright © 2009 by Pos Komando Pengendali